Selasa, 16 April 2013

ISU SOSIAL DIDAERAH PERKOTAAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb


Seperti Apakah pembangunan berkelanjutan itu?

   Pembangunan berkelanjutan merupakan suatu proses dimana ekonomi, keuangan, perdagangan, energi, pertanian, industri, dan semua kebijakan lain diimplementsasikan dalam cara untuk membawa tentang perkembangan yang secara ekonomis, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan demikian, tujuan dari pembangunan berkelanjutan adalah untuk memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Adapun definisi Berkelanjutan ( komisi Brutland 1987) yaitu : 

  • Pembangunan yang memenuhi kebutuhan  sekarang tanpa mengkrompomikan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
 unsur-unur berkelanjutan yaitu :
  • Lingkungan
  • Ekonomi
  • sosial


    Tidak diragukan lagi, masyarakat mengalami tantangan yang sangat berat sebagai sumber daya sosial, ekonomi, dan lingkungan yang rusak atau habis. Karena unsur-unsur masyarakat yang saling berhubungan, tidak ada jawaban langsung. Selain itu, masalah apapun kita menemukan diri kita hadapi, baik itu penyakit, gangguan manusia, perpecahan keluarga, pelecehan anak, kejahatan, ketidakadilan, konflik bersenjata, ekonomi melemah, kemiskinan, kurangnya pekerjaan yang berkualitas dan masih banyak lagi yang jadi masalah.

Isu-Isu Sosial Kota

    Masalah diperkotaan adalah pertambahan penduduk yang terkandali , tingkat kesadaran masyarakat dan kepedulian masyarakat kota terhadap lingkungan disekitar itu, dimana dia yang buat maka dialah yang berkuasa dan yang lemah pasti akan tertindas.  Terjadilah kesenjangan sosial yang mengakibatkan ketidakseimbangan dalam sector perkotaan, dimana orang hanya akan perdulikan dirinya sendiri dan tidak memperdulikan orang lain lagi.

Isu sosial yang harus diperhatikan yaitu :
  • Pemerataan dan keadilan sosial, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Distribusi Income dalam sistem kota, 
  2. Distribusi lokasi perumahan dan kesempatan kerja
  3. Akses kepada fasilitas kota

  • Kepadatan dan Kesemwrautan
           Dimana sejumlah manusia dalam setiap unit ruangan,



Gbr.1 sprawl city


Gijon, Spain
Gbr.2 Compact city


  • Kemiskinan, Tunawisma, Minioritas wanita
  • keamanan masyarakat 
      Didalam suatu kota , terjadi slaing ketrgantungan antara lingkungan fisik dan lingkungan sosial, seperti misalnya, jalan - jalan dan lorong -lorong menjadi ruang komunal dan ruang publik yang tidak teratur tetapi menunjukkan adanya kontak sosial dan saling menyesuaikan diri antara penduduk asli dan penduduk pendatang, antara kepentingan  individu dan kepentingan umum. sehingga Keamanan masyarakat dalam suatu kota adalah hal yang jadi utama untuk diperhatikan.

gbr.3 keamanan masyarakat

  • Yang berkebutuhan khusus
 Didalam  merancang suatu kota kita harus memperhatikan kebutuhan sperti orang cacat yang menggunakan kursi roda, bagaimana merancang sebuah kota dengan memperhatikan pengguna jalan yang berkebutuhan khusus, dengan memberi ruang-ruang yang khusus.





Kita dapat mengambil kesimpulan dengan permaslahan yang ada diatas bahwa sebaiknya sebagai generasi penerus dan sebagai calon arsitek kita harus benar-benar memperhatikan lingkungan ,ekonomi, dan sosial dalam memrancang sebuah perkotaan.



Demikianlah yang dapat saya sampaiakan mohon maaf bila ada kekurangan, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, Terima kashi

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Sumber