Rabu, 29 Mei 2013

TEORI PERTUMBUHAN KOTA

Assalamu'alaikum Wr,Wb







Kota merupakan pusat kegiatan sosial, ekonomi, kebudayaan, serta administrasi yang mengakibatkan pertumbuhan kota meningkat.

Proses pertumbuhan suatu kota

Pertumbuhan kota adalah proses perubahan fisik kota sebagai akibat dari perkembangan masyarakat kota serta dari perkembangan lainnya seperti :

  • Adanya pusat  pelayanan seperti pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat liburan dan sebagainya,
  • Mudahnya akses layanan trasportasi 
  • Tersedianya beragam lapangan pekerjaan dan pusat pelayanana barang dan jasa 
Dengan bertumbuhnya suatu kota dapat menimbulkan kekhawatiran pada kota tersebut, seperti :
  • Adanya gangguan yang berulang seperti, kemacetan lalu lintas, tingkat polusi bertambah, serta gangguan yang mengakibatkan kurangnya tingkat kenyamanan.
  • Harga tanah, pajak maupun sewa diluar pusat kota yang lebih murah jika dibandingkan dengan pusat kota
  • Keinginan untuk bertempat tinggal diluar pusat kota yang terasa lebih alami
Ada beberapa faktor fisik akan mempengaruhi pertumbuhan suatu kota yaitu :

  • Faktor di mana kota    
         Faktor lokasi itu berada akan sangat mempengaruhi perkembangan kota tersebut, sehingga hal tersebut akan berkaitan dengan kemammpuan kota tersebut untuk melakukan aktifitas dan interkasi yang dilakukan penduduknya. Kota yang lokasinya dijalur utama atau persimpangan jalan utama akan mampu menyebarkan pergerakan dari dan semua penjuru dan menjadi titik pertemuan antara pergerakan dari berbagai arah.
    
  • Faktor Geografis
          Kondisi geografis suatu kota akan mempengaruhi perkembangan kota. Kota yang mempunyai kondisi geografis relatif datar akan sangat cepat untuk berkembang dibandingkan dengan kota didaerah yang bergunung-gunung yang akan menyulitkan dalam melakukan pergerakan baik itu orang maupun barang.

Adapun teori pertumbuhan kota dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

  • Central Place
          Teori ini diperkenalkan oleh Cristaller yang menyatakan bahwa " Central Place merupakan kota utama yang menjadikan pusat pelayanan barang dan jasa untuk daerah sekitarnya". Kota utama bertumbuh karena adanya permintaan barang dan jasa.
  • Urban economic Place
          Teori ini hampir menyerupai dengan teori "Central Place" karena pertumbuhan suatu kota terjadi karena adanya kegiatan ekonomi namun yang jadi perbedaan yaitu kota tidak hanya bergantung dengan daerah sekitarnya namun lebih luas lagi, diluar batas wilayah / internasional
  • Export Base
          Kota sebagai tempat penawaran barang dan jasa untuk daerah sekitarnya dan internasional, kota tersebut berkembang dikarenakan menawarkan barang dan jasa. Teori ini merupakan Creative city.



Kesimpulan
Saya mengambil kesimpulan bahwa kota akan berkembang bila  kota tersebut lebih memberikan peluang terhadap kesempatan kerja, pendidikan, pelayanan sosial lainnya.

Sumber :